The source information from infinity ;p


Sabtu

Penjelasan tentang bit, byte, field, record, file, basis data, dan sistem basis data

| Sabtu
Berikut adalah penjelasan tentang bit,byte,field,record,file,basis data, dan sistem basis data dari bebagai sumber, supaya gak lupa jadi dicatat disini


Bit
Bit adalah satuan unit data terkecil dalam komputasi digital yang pada dasarnya terdiri dari satu digit biner (bisa berupa nilai 0 ataupun 1).

Byte
Byte adalah kumpulan 8 bit yang digabung menjadi satu. Dengan kata lain, 1 byte adalah sama dengan 8 bit.

Field
Field adalah tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

Record
Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris.

File
File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis.

Basis Data
basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data – data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh penggunanya. Definisi Basis data juga dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap user diberi wewenang untuk dapat mengakses ( seperti mengubah,menghapus dll.) data dalam tabel-tabel tersebut.

Sistem Basis Data
sistem basis data adalah sistem yang terdiri dari koleksi data atau kumpulan data yang saling berhubungan dan program-program untuk mengakses data tersebut.

Versi lain nya

1. Bit adalah kependekan dari “Binary Digit“, yang berarti digit biner. Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam angka-angka biner.

2. Byte adalah istilah yang biasa digunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit. ... Pada perhitungan komputer, 1 bita sama dengan 1024 mili bita, atau 1 kilo bita sama dengan 1024 bita.

3. Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti Nomer Barang atau Nama Barang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang.

4. Record adalah kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, database dapat dikatakan sebagai sebuah tabel yang memiliki baris alias record dan kolom atau field.

5. File adalah identitas dari data yang disimpan di dalam berkas sistem yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas memiliki nama yang unik dalam direktori di mana ia berada.

6. Basis Data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

7. Sistem Basis Data adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data(database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer.




Simak lebih lanjut di Brainly

Related Posts

Tidak ada komentar: